Pindah Alamat Domisili KTP Dan KK? Begini Cara Dan Syaratnya!

Dalam kondisi tertentu mungkin pindah KTP dan KK sangat diperlukan untuk kepentingan tertentu seperti urusan kerja, bisnis dll. Tapi apakah kamu sudah paham tentang aturan cara pindah KTP dan KK? Kalu belum, yuk silahkan baca ulasan di bawah ini mengenai aturan baru dan prosedur cara pindah KTP dan alamat.

Kabar baiknya adalah saat ini penduduk Indonesia yang ingin pindah domisili mengurus KTP dan KK tidak perlu repot-repot meminta surat pengantar dari RT/RW.

Syarat pindah KTP dan KK kamu hanya perlu menyiapkan KTP asli dan KK asli. Aturan ini dinilai lebih mudah untuk mempersingkat birokrasi masyarakat Indonesia yang ingin pindah tempat.

Perpres Nomor 96 Tahun 2018 yang telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Oktober 2018 sudah tertulis tentang peraturan baru tersebut. Perpres tersebut merupakan subtitusi dari Perpres 25 Tahun 2008.

Baca juga: Cara membuat NPWP dengan cepat dan mudah

Prosedur cara pindah KTP dan KK:

Jika persyaratan KTP dan Kartu Keluarga (KK) sudah dipersiapkan, kamu tinggal datang ke Dinas Dukcapil tempat kamu tinggal dan menyerahkan dokumen KTP dan KK yang tadi dibawa.

Petugas Dispendukcapil akan membuatkan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) untuk diserahkan ke Dispendukcapil tempat tujuan.

Jika SKPWNI sudah diterima di Dinas Dukcapil tempat tujuan, mereka akan menerbitkan KTP Elektronik dan KK (Kartu Keluarga) baru sesuai dengan alamat yang dituju, dan KTP lama akan ditarik.

Lalu apa yang harus di lakukan setelah tinggal di alamat baru? Tentu saja kamu harus melapor ke RT/RW untuk memperkenalkan diri bahwa kamu sudah resmi tinggal di tempat alamat baru tersebut.

Originally posted 2019-03-03 17:28:07.

Berikan Rating sekarang!

Komentar Facebook

Default Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here